Gelar Teknologi Sempurna Guna Xxiv Jadi Ajang Inovator Desa Unjuk Gigi - businessenglishblogmarcvila

Breaking

Minggu, 04 Juni 2023

Gelar Teknologi Sempurna Guna Xxiv Jadi Ajang Inovator Desa Unjuk Gigi

Gelar TTG XXIV
Foto: Kemendes PDTT

Jakarta -

Menteri Desa PDT dan Transmigrasi (Mendes PDTT) A Halim Iskandar menyampaikan bervariasi teknologi sempurna guna (TTG) hasil inovator desa dan kelurahan alhasil dipamerkan di Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV di PKOR Way Halim, Lampung. Hasil TTG ini sebelumnya telah dipilih melalui rangkaian panjang dari tingkat kabupaten dan kemudian tingkat provinsi.

"Ini ajang tahunan para inovator desa untuk unjuk gigi, berpameran, sampai menjual teknologi sempurna guna buatannya. Saya alami sendiri, senantiasa ada yang baru, yang greget, membuka pintu pertumbuhan lebih singkat bagi desa-desa se-Nusantara," kata Halim dalam pemberitahuan tertulis, Senin (5/6/2023).

Sementara itu, Kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung Zaidirina menyampaikan senang atas terpilihnya Lampung selaku tuan rumah. Menurutnya ini merupakan sebuah kehormatan dan bentuk keberhasilan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung.

"Kami siap memperlihatkan teknologi dari desa-desa di Lampung, beserta keunggulan teknologi pemberitahuan dan rekreasi desa," ujar Zaidirina.

Dia melanjutkan acara ini dimulai dengan digelarnya pasar rakyat dan panggung hiburang sejak 1 Juni 2023 di PKOR Way Halim. Nantinya, rangkaian program Gelar TTG Nusantara XXIV akan rampung pada 11 Juni 2023.

Zaidirina menyertakan pada 6 Juni 2023 bakal digelar Gala Dinner untuk menjamu para tamu yang datang dari 37 provinsi. Dalam potensi itu,para pemenang kontes tingkat Provinsi Lampung juga akan mendapat hadiah.

Acara pembukaan akan dijalankan pada 7 Juni 2023. Pada potensi itu, nantinya para pimpinan forum tinggi negara akan diajak untuk mendatangi stand ekspo satu per satu. Lebih dari 150 stan teknologi sempurna guna diresmikan banyak sekali provinsi, swasta, SMK, dan kementerian," sambung Zaidirina.

Di segi lain, Kepala Pusat Daya Saing Kemendes PDTT Helmiati Nuhung menyampaikan pada pembukaan nanti renacanya akan dibuka pribadi pimpinan forum tinggi negara. "Diikuti pengumuman pemenang sekaligus pemberian kado kontes TTG tingkat nasional," terangnya.

Diketahui, dalam gelaran ini akan ditawarkan ruangan temu bisnis antara para inovator dari desa dengan swasta yang memiliki minat luas pada teknologi sempurna guna. Pada ruangan yang serupa juga disiapkan konsultasi dengan Bengkel HAKI dari Kemendesa PDTT.

Kemdesa PDTT akan memamerkan sokongan sarat dan gratis bagi inovator desa untuk mendaftarkan hak atas kekayaan intelektual (HAKI) atas karyanya. Tak cuma itu, Kemendesa PDTT juga mendampingi proses untuk keperluan sertifikasi alat, paten teknologi, paten merk, indikator geografis, juga akta benih varietas gres dari desa.

Nantinya dalam panggung Gelar Teknologi Tepat Guna XXIV tidak akan menjadi wahana penyajian para inovator, swasta dan pemda yang teruji mendukungnya. Tidak lupa ada Andika Babang Tamvan, Ningrat Band, dan Tarian Kreasi Cak Culay yang bakal meramaikan panggung.

Para penerima dari banyak sekali provinsi juga akan diajak berwisata ke Pantai Sari Ringgung, Kabupaten Pesawaran, Nantinya program dilanjutkan mendatangi Desa Cerdas di Desa Hanura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar