Hari Keselamatan Pangan Sedunia 2023: Tema Dan Serba-Serbinya - businessenglishblogmarcvila

Breaking

Senin, 05 Juni 2023

Hari Keselamatan Pangan Sedunia 2023: Tema Dan Serba-Serbinya

Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023
Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023 (Foto: Dok. FAO)

Jakarta -

Hari Keamanan Pangan Sedunia atau disebut juga dengan World Food Safety Day (WFSD) diperingati setiap tanggal 7 Juni. Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023 menjadi momen penting untuk mencerminkan tentang tantangan dan upaya yang dijalankan demi meraih keselamatan pangan sedunia.

Peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023 merupakan kesibukan kelima sejak perayaan pertama pada tahun 2019. Sejak dikala itu, perayaan ini terus bertambah setiap tahun dengan melibatkan lebih banyak negara dan mengadakan lebih banyak acara.

Peringatan hari ini dicetuskan oleh dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) lewat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan perayaan tahunnya lewat Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO). Untuk mengetahui lebih lanjut ihwal perayaan Hari Keamanan Pangan Sedunia 7 Juni, simak pemberitahuan selengkapnya berikut ini

Apa Itu Keamanan Pangan?

Menghimpun pemberitahuan dari laman WHO dan FAO, keselamatan pangan merupakan hak asasi insan yang mendasar. Namun, dikala ini, masih banyak negara yang menghadapi permasalahan serius terkait kelaparan, kurang gizi, dan ketidakseimbangan nutrisi.

Menurut laporan PBB, sekitar 811 juta orang di seluruh dunia mengalami kelaparan kronis pada tahun 2020. Pandemi COVID-19 sudah memperburuk suasana ini dengan imbas negatifnya terhadap buatan pangan, rantai pasokan, dan daya beli masyarakat.

Tantangan utama dalam meraih keselamatan pangan merupakan meningkatkan produktivitas pertanian untuk menyanggupi ajakan yang terus meningkat. Pertumbuhan populasi global, urbanisasi, pergantian iklim, dan degradasi lahan makin mempersulit upaya ini. Selain itu, kurangnya saluran ke sumber daya dan teknologi pertanian modern, serta ketimpangan distribusi pangan juga menjadi faktor yang mensugesti keselamatan pangan.

Tema Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023

Mengutip laman resmi FAO, Tema Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023 merupakan "Food Standards Save Lives" artinya "Standar Pangan, Menyelamatkan Kehidupan". Tujuannya untuk mengetahui pentingnya kriteria pangan di seluruh dunia dalam mempertahankan keselamatan konsumen, dan dalam menopang jual beli pangan yang adil. Standar pangan merupakan salah satu faktor yang penting dalam bikin keselamatan pangan global.

Tema ini menekankan pentingnya kriteria keselamatan pangan dalam bikin keadaan hidup yang lebih baik bagi seluruh populasi dunia. Keamanan pangan tidak hanya mempunyai arti menegaskan pangan yang cukup dan bergizi, tapi juga meliputi faktor kesehatan, lingkungan, dan sosial. Dalam konteks tema ini, keselamatan pangan berperan penting dalam mensugesti mutu hidup, kesejahteraan, dan potensi pembangunan yang berkelanjutan.

Slogan Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023

FAO mengusung Slogan Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023 merupakan "Keamanan Pangan Adalah Tanggung Jawab Bersama". Hal ini membuktikan siapapun memiliki tugas yang penting dalam mempertahankan dan menegaskan keselamatan pangan. FAO menyebutkan banyak sekali tugas dalam mempertahankan keselamatan pangan yang juga melindungi para konsumen, yakni selaku berikut:

  1. Peran Pemerintah dalam Menjaga Keamanan Pangan
    Pemerintah memiliki tugas penting dalam menegaskan metode pengendalian pangan yang sesuai dan meningkatkan kriteria keselamatan pangan internasional.
  2. Tanggung Jawab Bisnis Makanan dalam Menjaga Keamanan Pangan
    Bisnis masakan juga bertanggung jawab dalam pastikan kriteria keselamatan dan mutu makanan, serta berkomunikasi dengan baik tentang keselamatan pangan terhadap staf dan pelanggan.
  3. Keamanan Pangan di Tempat Kerja
    Keamanan pangan juga mesti diamati di daerah kerja dengan menawarkan masakan yang aman, menerapkan kebijakan dan kriteria keselamatan yang tepat, serta menegaskan kepraktisan yang memadai.
  4. Pendidikan Keamanan Pangan bagi Generasi Muda
    Pendidikan keselamatan pangan terhadap generasi muda juga penting untuk mengajarkan pentingnya keselamatan pangan dan praktik kebersihan di sekolah atau perguruan tinggi tinggi. Selain itu, berfungsi juga untuk membangun kesadaran akan pentingnya memutuskan masakan yang aman.
  5. Peran Individu dalam Menjaga Keamanan Pangan
    Individu juga memiliki tugas dalam mempertahankan keselamatan pangan dengan memerhatikan dikala membeli, menyimpan, memasak, dan memakan makanan. Lalu, mengikuti isyarat keselamatan pangan untuk menegaskan masakan tetap aman.

Dengan mengetahui dan mengimplementasikan hal di atas, kita sanggup mempertahankan keselamatan pangan dan melindungi konsumen. Setiap individu dan pihak terlibat memiliki tugas penting dalam mempertahankan keselamatan pangan, baik itu pemerintah, bisnis makanan, daerah kerja, maupun individu secara pribadi. Hari Keamanan Pangan Sedunia kesannya menjadi suatu peluang untuk menimba ilmu dan meningkatkan pesan tentang keselamatan pangan.

Cara Memperingati Hari Keamanan Pangan Sedunia

Menurut buku A Guide to World Food Safety Day 2023 yang dikeluarkan oleh WHO, Hari Keamanan Pangan Sedunia merupakan dikala yang penting untuk meningkatkan kesadaran ihwal keselamatan pangan. Berikut ini beberapa kegiatan yang sanggup dijalankan untuk merayakan Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023:

  1. Berbagi Informasi di Media Sosial
    Gunakan hashtag #WorldFoodSafetyDay atau #HariKeamananPanganSedunia di banyak sekali postingan artikel, infografis, atau kiat tentang keselamatan pangan di akun media lazim kamu. Dengan cara ini, kau sanggup menolong meningkatkan kesadaran publik ihwal pentingnya keselamatan pangan.
  2. Menanam Tanaman Pangan di Taman atau Halaman Rumah
    Melakukan gardening merupakan cara yang bagus untuk menghargai sumber daya pangan dan mengerti pentingnya keselamatan pangan. Kamu sanggup menanam tumbuhan pangan di taman atau halaman ruma, seumpama sayuran atau buah-buahan. Selain mendapatkan hasil panen yang segar, ini juga merupakan peluang untuk menimba ilmu ihwal proses berkembang kembang tumbuhan dan keberlanjutan pangan.
  3. Mengikuti Webinar atau Seminar Online ihwal Keamanan Pangan
    Banyak organisasi dan forum yang mengadakan webinar atau pelatihan online ihwal keselamatan pangan. Kamu sanggup mempelajari lebih lanjut ihwal penyimpanan masakan yang aman, praktik higienis, dan pentingnya menyingkir dari kontaminasi. Aktivitas ini sanggup menolong Anda menjadi distributor pergantian dalam mempertahankan keselamatan pangan di sekitar.

Simak juga Video 'Strategi PKT Jaga Ketahanan Pangan Nasional Terbaik di Pasar Global':

[Gambas:Video 20detik]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar